Rabu, 17 November 2010

Gaya Belanja Orang Superkaya

Sejumlah tokoh superkaya di dunia memiliki hasrat yang cukup unik dalam membelanjakan uang mereka. Koleksi mereka pun beragam, dari ribuan mobil mewah hingga pasukan khusus yang dibayar miliaran rupiah per tahun.

Menjadi presiden itu baik, tapi jauh lebih baik menjadi raja. Ungkapan inilah yang kerap dikaitkan dalam membicarakan orang-orang superkaya di dunia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa para raja di berbagai negara sering mendapat tempat di jajaran orang-orang terkaya di dunia. Setidaknya, nilai kekayaan para raja sering kali pula diidentikkan dengan harta bergerak mereka, umumnya mobil.

Berikut daftar Orang Superkaya dgn gaya belanja yang unik.

1. Sultan Hassanal Bolkiah
Sultan Brunei yang ke 29 ini, memang tidak memiliki tandingan lagi dalam urusan mengoleksi mobil mewah. Saat ini, jumlah mobilnya mencapai 7.000 yang diparkir di lima garasi di Istana Nurul Iman. Bahkan, Sultan Bolkiah juga masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai pengoleksi Rolls-Royce. Tercatat, 604 Rolls Royce bertengger di garasinya. Keluarga Sultan Brunei mengoleksi Rolls Royce selama era 1990-an. Sultan Bolkiah juga memiliki Bugatti Veyron, mobil termahal dunia saat ini, seharga Rp20 miliar. Mobil ini juga dinobatkan sebagai mobil tercepat di dunia 2010.

Selain mobil-mobil mewah, Sultan Bolkiah juga memiliki dua pesawat Boeing 747-400 yang dilapisi emas. Diperkirakan nilainya mencapai USD233 juta, termasuk USD3 juta untuk tiap furnitur di dalam pesawat. Sultan Bolkiah juga memiliki enam pesawat kecil dan dua helikopter.


Gambar disamping adalah mobil Sultan Hassanal Bolkiah yang akan dijual.











2. Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahayan

Sheikh Mansour (yg lg ngelambein tangan), memang beda dgn Sultan Brunei. Jika Sultan Brunei lebih memilih mobil mewah, tidak demikian dengan Mansour yang dikenal sebagai sosok yang punya hasrat tinggi terhadap olahraga.

Hal itu dibuktikannya dengan hobinya memiliki sejumlah klub olahraga. Dia tercatat sebagai pemilik Al Jazeera Football Club dan pemilik Otoritas Pacuan Kuda Uni Emirat Arab. Terakhir dia membeli Manchester City. Menurut The Sun, Sheikh Mansour memiliki kekayaan total mencapai 560 miliar poundsterling atau sekitar Rp825 triliun. Mansour membeli Manchester City seharga 210 juta poundsterling atau sekirA Rp3,1 triliun. Itu belum termasuk kucuran anggaran transfer sebesar 200 juta poundsterling atau sekirA Rp2,9 triliun.



Stadion City of Manchester, kandang Manchester City yang lokasinya memang tepat disamping jalan.








3. Mikail Prokhorov

Beda dgn Sheikh Mansour, Pengusaha asal Rusia ini justru memilih membelanjakan uangnya di sektor properti. Dia memilih membeli Villa Leopolda yang terletak di antara Nice dan Monaco yang dibangun Raja Leopold II dari Belgia pada 1902. VilLa itu dibeli Mikail Prokhorov pada 2008 dengan harga jauh di atas harga sesungguhnya, bahkan jauh lebih mahal dari villa modern termewah di situ. Prokhorov disebut-sebut membayar lebih dari USD750 juta (Rp7,5 triliun) untuk membeli Villa Leopolda tersebut.

 


 Gambar disamping adalah Villa Leopolda yang yang dibangun oleh para tukang* Raja Leopold II dari Belgia thn 1902

*Inget, yg nge-bikin, bukan Raja Leopold, tapi para tukangnya. Mana ada raja yang mau disuruh bikin cendol, apalagi bikin villa.





4. Saeed Abdul Ghafour
 Kemudian, yang cukup unik justru dilakukan Saeed Abdul Ghafour. Pengusaha superkaya asal Uni Emirat Arab ini rela mengeluarkan uang USD14,3 juta (sekira Rp150 miliar) hanya untuk membeli pelat nomor khusus untuk mobilnya. Pembelian pelat nomor tersebut menunjukkan dirinya adalah orang nomor 1 karena pelat nomor ini hanya berlabel angka 1.


Gambar disamping (yg didalam toples kotak) adalah plat mobil milik Saeed Abdul Ghaffur. Sebagus apapun mobil dia, plat mobil dia tdk akan bergerak bebas di Indonesia, karena tidak mencantumkan huruf depan yang menunjukkan dimana produksi mobil tsb.







5. Mukesh Ambani
Dari jajaran orang superkaya di dunia dalam membelanjakan uangnya, Mukesh Ambani tak kalah menghebohkan.

Pemilik Reliance Industries, perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan, bisnis eceran, dan konglomerasi bioteknologi, ini memiliki rumah termahal di dunia dengan nilai 630 juta poundsterling (Rp9 triliun). Rumah yang diberi nama Antilia yang terletak di Kota Mumbai memiliki 27 lantai yang luas totalnya mencapai 37.000 meter persegi dengan tinggi 173 meter.

Antilia memiliki banyak fasilitas seperti sebuah kolam renang, ballroom, beberapa kamar tamu, sejumlah lounge, dan bioskop dengan 50 tempat duduk, ruang kebugaran, dan studio tari. Rumah yang dirancang perusahaan arsitektur yang bermarkas di Chicago, AS, Perkins & Will ini juga memiliki tiga zona pendaratan helikopter (helipad) di atas atap bangunan. Rumah mewah ini juga dilengkapi tempat parkir yang mampu menampung 160 kendaraan. Di rumah ini terdapat pula taman gantung empat lantai. Untuk merawat rumah ini Ambani mempekerjakan 600 karyawan.


Gambar disamping adalah Antilia, rumah dari Mukesh Ambani. Diliat dari tinggi rumahnya, mungkin dapat menyelamatkan dia dari banjir, tapi bukan rumah tersebut yang akan menyelamatkan dia di hari akhir nanti.

Cat:
Diliat dari design, lebih bagus rumah gw.







6. Roman Abramovich

Kemudian, nama Roman Abramovich juga menjadi perhatian publik. Maklum, selain sebagai pemilik klub sepak bola asal Inggris Chelsea, pengusaha asal Rusia ini memiliki 40 pasukan khusus pribadi. Hal ini dilakukannya untuk menjaga keamanan dirinya dan keluarganya. Dia disebut-sebut sebagai salah satu pengusaha di dunia dengan pengamanan yang superketat.

Abramovich sekarang saja memiliki 20 pengawal pribadi di Inggris. Jumlah pengawal yang sama juga ditempatkan di kapal pesiarnya, Pelorus. Untuk membiayai semua pasukannya, ia harus mengeluarkan anggaran USD2,4 juta per tahun. Angka ini delapan kali lebih besar dari biaya pengawal yang biasa digunakan para selebriti dan pengusaha.      

Kapal pesiar milik Roman Abramovic yang dilengkapi pengamanan super ketat dan disertai teknologi yang super canggih.  
                                                                                                                

Itulah daftar belanjaan orang superkaya yang memang sangat super mewah. Melihat kekayaan orang diatas, kita dapat mengambil pelajaran, bahwa betapa banyak nikmat yang telah Tuhan berikan kpd umatnya. Dan tentu saja untuk memperoleh kekayaan tersebut kita harus berusaha.

Thanks for read.                                                                           
                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar